}

Rabu, 13 April 2011

PERBEDAAN WEB EMAIL DENGAN EMAIL CLIENT


                   Mail server memberikan fasilitas bernama webmail yang memungkinkan Anda mengelola e-mail dari mana saja di seluruh dunia. Yang penting, komputer Anda memiliki akses internet.
            Webmail ini bisa diakses melalui browser seperti Firefox, Internet Explorer, Opera, dan sebagainya. Anda tinggal mengetikkan alamat URL dari webmail tersebut (misalnya http://mail.yahoo.com atau http://mail.google.com), masuk kedalam webmail tersebut dengan login terlebih dahulu.  Anda akan segera bisa melihat pesan-pesan yang masuk di “kotak surat” (inbox) Anda. Ini yang disebut pengelolaan email menggunakan webmail.

Kelebihan Webmail    :
  •   kemampuan untuk diakses dari mana saja di seluruh dunia
  •   Filter spam dapat diset pada setiap account POP/IMAP melalui fasilitas webmail
  •     bisa dibuka di komputer yang berbeda secara langsung tanpa harus mensetting ulang layanan



            Email Client adalah software pengelola e-mail yang bertugas untuk memindahkan pesan-pesan email dari mail server Anda ke harddisk di komputer Anda. Karena tugasnya adalah memindahkan, maka inbox di mail server Anda akan kosong setelah pesan-pesan tersebut masuk ke komputer Anda.
            Ada banyak program email client yang tersedia saat ini, seperti Microsoft Outlook dan Outlook Express, Mozilla Thunderbird, dan masih banyak lagi. Agar email Anda di server bisa diambil dengan sukses oleh program e-mail client, Anda harus mengatur setting untuk POP3 dan SMTP account pada program email client.
            Untuk POP3 account biasanya bersifat fixed, tidak bisa diubah-ubah. Jika Anda menggunakan account e-mail CBN misalnya, maka POP3 accountnya adalah pop.cbn.net.id. Sedangkan SMTP account biasanya lebih fleksibel, karena tergantung dari ISP yang Anda gunakan. Misalnya Anda menggunakan account email gratisan dari hotpop.com. Anda bisa menggunakan SMTP account-nya hotpop.com (smtp.hotpop.com), atau SMTP dari ISP Anda (untuk CBN, SMTP account-nya adalah smtp.cbn.net.id).
            Kelebihan Email Client           :
  •             Meminimalisir penggunaan internet
  •             Bisa membaca dan menulis email secara offline
  •             Proses pembacaan pesan sangatlah gampang, dgn menggunakan fasilitas Auto Prieview
  •          Pesan-pesan e-mail Anda telah berpindah dari mail server ke komputer pribadi Anda sehingga tidak perlu khawatir tentang kuota


0 komentar:

Posting Komentar