}

Sabtu, 26 Mei 2012

Sepeda Lipat Jadi Menjadi Bagian Sejarah

Folding bike atau sepeda lipat yang juga di sebut seli memang memiliki kelebihan tersendiri bagi penggunanya. Bahkan sempat digunakan untuk transportasi tentara yang berperang ketika harus menjangkau daerah-daerah pelosok. Mudah untuk di bawa kemanapun karena ringkas sehingga dapat dipadukan untuk moda transportasi.
Pasukan invanteri sepeda atau Bersaglieri asal Italia dalam perang dunia pertama (sumber foto:wikipedia.org)sepeda lipat, seli, folding bike, Bersaglieri, invanteri bersepeda, sepeda, William Grout
Sebagian orang mengkombinasikan sepeda lipat dengan transportasi lainnya seperti kereta api, bus atau kendaraan umum lainnya. Hal tersebut tentu membuka peluang untuk produsen sepeda seli untuk menciptakan berbagai inovasi hingga saat ini.
Walau ada yang meyakini sebenarnya sepeda lipat ditemukan oleh William Grout asal Inggris pada tahun 1878 dengan temuan roda depan dapat dilipat dan rangka bisa dibongkar sehingga dikenal dengan sepeda 'portable'.
Sepeda lipat menjadi modal transportasi tentara karena harus menjangkau daerah terpencilsepeda lipat, seli, folding bike, Bersaglieri, invanteri bersepeda, sepeda, William Grout
Namun sebenarnya sepeda lipat dimulai dari kebutuhan militer akan sepeda pada tahun 1890, sehingga tentara Prancis menggunakan sepeda lipat dalam infanteri sepeda atau 'Bersaglieri'. Sepuluh tahun kemudian, Mikael Pedersen mengembangkan sepeda lipat untuk tentara Inggris yang menggunakan ban 24" dengan berat 15 pound  , termasuk tempat senapan dan telah digunakan dalam perang 'Boer' kedua.
Selanjutnya pada perang dunia II, 'The British VVVVII Airbone telang menggunakan sepeda lipat sejak 1939-1945. Perkembangan sepeda lipat mengalami beberapa penyesuaian seperti ukuran yang menjadi lebih kecil sehingga dapat dibawa saat terjun payung. Hal tersebut terbukti dengan digunakannya sepeda lipat oleh pasukan terjun payung dalam D-Day Landing dn pertempuran Arnhem. Sepeda lipat tersebut dapat dilipat pada bagian frame, handlebar dan pedal.
Sepeda lipat hasil temuan William Groutsepeda lipat, seli, folding bike, Bersaglieri, invanteri bersepeda, sepeda, William Grout
Sedangkan di Indonesia, sepeda lipat mulai marak digunakan mulai tahun 2000-an. Berbagai komunitas seli mulai bermunculan. Sepeda lipat sendiri memiliki tiga dasar saat melipat yaitu lipat setengah (half atau middle fold), lipat segitiga (triangle hinge), dan lipat variasi. Tetapi perkembangan zaman membuat produsen dapat menciptakan aneka cara atau bagian yang dapat dilipat.

Sumber foto: wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar