}

Sabtu, 26 Mei 2012

Tour de France 2010 – Perpisahan Bagi Lance Armstrong

lance armstrong

Legenda Balap Sepeda Dunia Lance Armstrong, juara Grand Tour de France tujuh kali, menyatakan bahwa Tour de France tahun ini merupakan Tour terakhir baginya. Pemegang Maillot jaune Tour de France 1999 hingga 2005 tersebut saat ini berusia 38 tahun.
Lance Armstrong merupakan salah satu ikon olah raga balap sepeda dunia, setelah positif terdiagnosa menderita Kanker yang menggerogoti tubuhnya di tahun 1996, dirinya sempat berhenti menjadi pembalap profesional, saat itu dirinya masih memperkuat Mottorola.
Lance kembali bertarung dilintasan balap pada tahun 1999 dan berhasil menjadi Juara Tour de France 1999. Tahun berikutnya dominasi Lance tampaknya sulit dipatahkan hingga berhasil mempertahankan gelarnya hingga 7 kali di tahun 2005.
Tahun 2005, Lance menyatakan mundur dari ajang balap Pro Tour. Akhir tahun 2008, Lance menyatakan kembali ke lintasan Tour melalui statemennya di Youtube.
Grand Tour de France 2009, Lance bergabung bersama Pro Team dari Kazakhstan yaitu Astana Cycling Team. Di mana di team tersebut, manajer dan rekan-rekanya dimana kejayaannya bernaung. Lance kembali bersama Johan Bruynell, levi Leiphiemer dan Andreas Kloden.
Bintang Astana saat itu adalah pembalap Spanyol Alberto Contador yang juga pernah menjadi rekan satu teamnya saat di Discovery Channel.


Tour de France 2009, Lance terlihat berambisi merebut Maillot June, Lance mampu naik podium di urutan ke-3 GC Tour de France 2009 di belakang Juara dunia 2 kali Contador dan pembalap muda Saxo Bank, Andy Schleck.
Dengan bergabungnya Lance di Astana membuat publik bertanya siapakah sebenarnya kapten Astana, Contador ataukah Lance Armstrong. Konflik internal tidak dapat di hindari antara Lance Armstrong dan Alberto Contador.

Saat masih bergabung di Astana, Lance sudah menyatakan akan membuat pro team sendiri dengan sponsor utama RadioShack US. Tanpa panjang lebar, menjelang musim 2010, RadioShack Cycling Team terbentuk, tidak tanggung-tanggung separo dari Squad Astana di boyong Armstrong dalam Team barunya “Radio Shack“, termasuk manajer briliant Johan Bruynell dan pembalap inti Astana seperti Andreas Kloden, Levi Leiphiemer, Chirs Horner.
Jelang Tour de France 2010, Lance Armstrong kembali memberi kejutan melalui pernyataannya di Twitter : “And yes, this will be final Tour de France. It’s been a great ride. Looking forward to 3 great weeks”. Kemudian Armstrong me-retwett ” Doh, sorry, meant “my” final Tour.
Pernyataan tersebut membuat banyak spekulasi berkembang, manajer pribadi Lance Armstrong Mark Higgins membenarkan hal tersebut, Tour de France 2010 hanya tinggal beberapa hari.
Lance Armstrong dipastikan akan tampil maksimal untuk menutup Tour de France 2010, Malliot June adalah tujuan utamanya, dengan trio maut Radioshack yaitu Sang manajer Johan Bruynell dan 2 veteran Pro Tour Levi Leiphiemer dan Andreas Kloden, kemungkinan besar Lance mampu meraih hasil maksimal pada Tour de France tahun ini.

0 komentar:

Posting Komentar